Skatel-1chezone.blogspot.com Belajar Animasi Flash ( Pengenalan ) | Cara Belajar
Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog yang Sederhana ini, Semoga Bermanfaat | No Bill, It's Free. No Gates, It's Open | Pake Software Bajakan Kok Bangga? | Mine is a world that begins with school... I'm smarter than most of the other kids, this crap they teach us bores me... Damn underachiever. They're all alike. we've been spoon-fed baby food at school when we hungered for steak... I'm in junior high or high school. I've listened to teachers explain for the fifteenth time how to reduce a fraction. I understand it. "No, Ms. Smith, I didn't show my work. I did it in my head..." Damn kid. Probably copied it. They're all alike. I made a discovery today. I found a computer. Wait a second, this is cool. It does what I want it to. If it makes a mistake, it's because I screwed it up. Not because it doesn't like me... Or feels threatened by me... Or thinks I'm a smart ass... Or doesn't like teaching and shouldn't be here... Damn kid. All he does is play games. They're all alike. We exist without skin color, without nationality, without religious bias... This is our world now... the world of the electron and the switch, the beauty of the baud. My crime is that of outsmarting you, something that you will never forgive me for.
[Toggle View] Index Post
[Toggle View] Main Content

Belajar Animasi Flash ( Pengenalan )

Cara Belajar
Shy_SkateL
Animasi banyak diminati oleh anak kecil ataupun remaja bahkan orang tua, mungkin karena bentuknya yang unik, menarik, dan animasinya yang bagus.
Sedikit tentang sejarah animasi, dahulu orang membuat animasi dengan menggunakan kertas yang digambar satu persatu yang saling berhubungan dan menimbulkan efek sebuah gerakan, lalu untuk menggerakkan atau menikmatinya kertas tersebut disusun lalu dibuka satu persatu dengan delay yang cukup singkat, sehingga membuat gambar yang ada pada kertas seperti bergerak, metode ini sama dengan pemutaran film yang diputar menggunakan kamera, yaitu pada klise terdapat gambar yang diberi cahaya dan diputar dengan cepat, sehingga membuat gambar pada klise seolah bergerak dan kerana cahaya yang melewati klise, membuat cahaya tersebut berubah seperti yang ada pada klise dan dapat dilihat oleh penonton dengan memantulkan cahaya ke dinding.
Tentunya membuat animasi sangatlah sulit, karena sang animator harus menggambar gambar yang banyak pada kertas, tentunya semakin lama durasi animasi membuat gambaran yang harus di gambar semakin banyak dan semakin banyak pula kertas yang dibutuhkan, belum lagi tebalnya kertas dan beratnya kertas yang semakin mempersulit.
Kini setelah adanya komputer dan software pembuat animasi, salah satunya macromedia flash, animator menjadi bernafas lega karena dengan adanya software ini animator tidak perlu bersusah payah lagi dalam membuat animasi, sehingga tidak dibutuhkannya lagi kertas yang tebal dan berat, mempersedikit gambaran yang berkali-kali harus dibuat, mudah dalam menikmati animasi tanpa harus membuka lembaran kertas satu persatu.
Nah, kini Shy Skatel akan memberikan cara belajar mengenai software pembuat animasi, khususnya pada program macromedia flash.

Sebelum anda dapat mempraktekkan tutorial yang saya berikan, tentunya anda memerlukan software tersebut, untuk mendownload Macromedia Flash MX Professional anda bisa mendapatkannya disini.

Pada saat pertama anda membuka flash, anda akan diberikan tampilan seperti ini :

cara,belajar,awal,flash

untuk membuat animasi baru, anda dapat memilih "Flash Document" pada bagian "Create New".

Setelah itu anda akan diberikan tampilan seperti ini



Pada gambar saya sudah menandai bagian - bagian yang perlu diketahui dalam flash, berikut penjelasannya :

Pada nomor satu (1) merupakan bagian Tools dapat diakses dengan menggunakan shortcut Ctrl+F2 pada bagian ini berisi peralatan untuk membuat dan mengedit obyek.

Pada bagian nomor dua (2) merupakan bagian Timeline, dapat di akses dengan menggunakan shortcut Ctrl+alt+T bagian ini terdapat, Garis waktu pengaturan animasi dan kontrol obyek, yang berisi layer dan frame.

Pada bagian nomor tiga (3) merupakan bagian Stage, bagian ini merupakan ruangan tempat pembuatan dan pengeditan obyek.

Pada bagian nomor empat (4) merupakan bagian Property, dapat di akses dengan menggunakan shortcut Ctrl+F3, bagian ini merupakan panel informasi dari obyek yang ada di stage.

Pada bagian nomor lima (5) merupakan bagian Panels, pada bagian ini ada beberapa panel yang berfungsi untuk pengaturan obyek, diantaranya Color mixer, Library panel, dan sebagainya.

Dan ada bagian yang merupakan kelebihan dari flash, yaitu bagian Action script, bagian ini dapat diakses dengan menggunakan shortcut F9, pada bagian Action Script terdapat Tempat menuliskan syntax script. Dengan menggunakan script ini anda dapat menaruh logika anda pada animasi yang anda buat, sehingga animasi ini dapat berubah menjadi game.

Agar anda lebih mengenal Flash, anda dapat mencoba bagian - bagian yang saya jelaskan tadi, ini untuk membuat anda lebih mahir dalam langkah selanjutnya :).

Mungkin dengan adanya software ini, anda dapat membuat berbagai animasi, seperti membuat banner animasi, membuat Kartu ucapan elektronik, membuat film kartun, membuat Video asset, membuat Photo slide, membuat Presentasi Multimedia, membuat R.I.A (Rich Internet Applications), membuat FMA (flexible messaging Area), membuat Game, dan banyak lagi kegunaan flash yang lain :).

Comments :

14 Komentar to “Belajar Animasi Flash ( Pengenalan )”

Kapan-kapan minta private boleh gak neh?

High Paying Keyword mengatakan...
on 

wah...bagus skali nie tutorial nya...thanks ea...

aRe_enD_bEE mengatakan...
on 

keren nih belajar flash....

zaskia ayunda puspita mengatakan...
on 

nah klo ini w rada g bs hahaha

psycho mengatakan...
on 

Wah....dasar bangetsss....pas searching di google dikira cara pembuatan kartu ucapan dengan flash.....ternyata.....bisa gak...???...setengah2 nih kasih ilmunya........

Anonim mengatakan...
on 

BOS IJIN naruh postingannya ya di blogku
n linknya kutaruh kok.

btw
anak bjm ya???



makasih

ayead mengatakan...
on 

mas,minta cara membuat animasi kartun dari flash...ok

zufar mengatakan...
on 

sip deh artikelnya maju terus para blogger senior

Trik Blogger mengatakan...
on 

trims bro atas tutorialnya.

AlbumLagu mengatakan...
on 

subhanallah..keren sekali...ni bisa membantu saya untuk belajar membuat animasi flash.

trie mengatakan...
on 

Thank untuk tutorialnya good blog and good post.

chugy mengatakan...
on 

maksih banyak......ini mendukung saya trimakasih

Anonim mengatakan...
on 

daviuz : thanx ya kk tutornya sangad bermanfaat =)

smoga blog kk diminati banyak orang ya !!!

daviuz mengatakan...
on 

aku masih kurag ngerti

sam mengatakan...
on 

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar.
Tetapi Maaf, Komentar yang dianggap spam akan dihapus.

[Toggle View] Footer

My Follower


Created by Shy_Skatel