Skatel-1chezone.blogspot.com Belajar Flash ( Layer Guide ) | Cara Belajar
Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog yang Sederhana ini, Semoga Bermanfaat | No Bill, It's Free. No Gates, It's Open | Pake Software Bajakan Kok Bangga? | Mine is a world that begins with school... I'm smarter than most of the other kids, this crap they teach us bores me... Damn underachiever. They're all alike. we've been spoon-fed baby food at school when we hungered for steak... I'm in junior high or high school. I've listened to teachers explain for the fifteenth time how to reduce a fraction. I understand it. "No, Ms. Smith, I didn't show my work. I did it in my head..." Damn kid. Probably copied it. They're all alike. I made a discovery today. I found a computer. Wait a second, this is cool. It does what I want it to. If it makes a mistake, it's because I screwed it up. Not because it doesn't like me... Or feels threatened by me... Or thinks I'm a smart ass... Or doesn't like teaching and shouldn't be here... Damn kid. All he does is play games. They're all alike. We exist without skin color, without nationality, without religious bias... This is our world now... the world of the electron and the switch, the beauty of the baud. My crime is that of outsmarting you, something that you will never forgive me for.
[Toggle View] Index Post
[Toggle View] Main Content

Belajar Flash ( Layer Guide )

Cara Belajar
Shy_SkateL
Di Skatel pada kelas 10 angkatan 10 memang ada pembelajaran tentang flash, namun pelajaran ini tidak terlalu didalami dalam bidang studi DesGraf ( Desain Grafis ), bagi murid angkatan 10 SMK TELKOM, pelajaran tentang Flash ini hanya dilaksanakan dalam Les ketika sepulang sekolah dan belum sampai pada materi tentang Layer Guide, namun flash ini cukup membuat saya tertarik dan penasaran, lalu saya pun mencari-cari informasi tentang flash diluar sekolah ( otodidak ), dimana lagi kalo bukan di internet :)). Memang cukup sulit untuk mencari materi dan penjelasan yang saya inginkan, namun karena kesulitan itu, membuat saya sangat gembira ketika mendapatkan apa yang saya inginkan. Mungkin juga sulit bagi otodidak yang belum 100% memahami bahasa inggris, begitu juga saya yang cukup kesulitan dalam memahami penjelasan berbahasa inggris, karena sebuah pemahaman memerlukan kejelasan sebuah "penjelasan", namun bagi para otodidak yang belum 100% mengerti bahasa inggris anda dapat menggunakan layanan google, yaitu translate.google.com yang dapat mengartikan halaman web dengan memberikan alamat ( URL ) website yang ingin diterjemahkan, atau beberapa kalimat yang di paste di translate.google.com. Ini cukup membantu, namun sekali lagi kita harus memahami bahasa indonesia yang sedikit merepotkan dalam memahami arti dari hasil translate. Karena itu, saya kemudian mencari situs lokal yang saya yakin pasti ada di jagat web. Memang ada beberapa web dan forum yang saya temukan, namun yang paling bagus menurut saya adalah babaflash.com, dimana itu adalah sebuah forum yang memiliki tutorial-tutorial dasar yang cukup jelas bagi para newbie / pemula dan memiliki tutorial untuk menjadi advanced dalam program animasi, karena babaflash.com merupakan sebuah forum, maka para member dapat dengan leluasa mengajukan pertanyaan dan meminta penjelasan tentang sebuah tutorial, tentunya dibawah peraturan yang telah ditetapkan. Sebelum membuat pertanyan sebaiknya bacalah terlebih dahulu FAQ yang ada dan bacalah topic-topic pembicaraan yang terdahulu, karena para penghuni forum tidak ingin memjawab pertanyaan yang telah dijawab sebelumnya di dalam forum tersebut.

Layer guide adalah layer pemandu atau pengarah sebuah gerakan, berupa gambar sebuah jalur / lintasan untuk dilewati sebuah objek. Mungkin ketika anda belajar tentang motion tween yang gerakannya hanya sebuah jalur yang lurus, anda berpikir bagaimana caranya agar benda/objek dapat bergerak dinamis seperti pada animasi yang pernah anda lihat, semua itu dapat dijawab menggunakan layer guide, dimana objek dapat diarahkan sesuai dengan yang anda inginkan.

Layer guide dapat dimunculkan dengan meng-klik kanan sebuah layer dan memberinya sebuah layer guide dengan mengmilih "Add Motion Guide" atau dengan meng-klik shortcut layer guide
Shy_SkateL
maka akan muncul sebuah layer yang diawali dengan kata guide beserta tanda ":" lalu diikuti dengan nama layer seperti yang terdapat pada gambar.

Berikut langkah-langkah membuat sebuah objek yang memiliki layer guide :



1> Buatlah objek pada layer 1 - frame (1) ( lingkaran, persegi, etc ), lalu klik kanan dan pilih "Convert to Symbol" dan pilih movie clip.
Shy_SkateL

2> Buat sebuah layer guide sepeti cara sebelumnya, pada layer guide - frame 1, buat sebuah jalur dengan menggunakan pencil atau sejenisnya, buatlah sebuah jalur dan pastikan tidak terputus.
Shy_SkateL

3> Insert frame pada layer guide - frame (20), dengan mengklik kanan frame 20 dan pilih Insert frame.

4> Kembali pada layer 1, letakkan objek pada salah satu ujung jalur, dan pastikan lingkaran kecil ditengah objek berada pada jalur.
Shy_SkateL

5> Insert keyframe pada layer 1 - frame (20) dengan mengklik kanan frame 20 dan pilih insert keyframe.

6> Pindahkan objek pada frame 20 ke ujung jalur satunya.

7> Buatlah Motion tween pada layer 1 dengan mengklik kanan salah satu frame, dan pilih create motion tween. Atau dengan cara mengklik salah satu frame lalu di properties pada tween pilih motion.

8> Jalankan movie dengan mengklik ctrl+enter.

Catatan :
* Objek dapat berbentuk apa saja tetapi harus berupa movie clip
* Pastikan jalur tidak putus
* Pastikan lingkaran di tengah objek berada pada jalur
* Bila Objek tidak bergerak sesuai dengan jalur maka periksalah dengan cara diatas.
* Bila masih tidak bisa juga anda dapat menghubungi Admin dengan memilih menu "Contact Us" pada bagian paling atas website


Kami sangat menghargai anda jika anda mengambil artikel ini dan memasang banner / link blog ini di website anda.

Comments :

5 Komentar to “Belajar Flash ( Layer Guide )”

dari dulu pengen bisa kaya gini..thanks for share y...

easyblogtrick mengatakan...
on 

mau tanya! kalo gambar masuk dari import, bisa di motion shape enggak ya mas?

dikerz mengatakan...
on 

Wah, Coba di trace dulu image yang di Import tadi....

jgn lupa buat Lock Imagenya...

Shy_SkaTeL mengatakan...
on 

kenapa tak letak totourial kat sini yang boleh mempercepatkan pemblajaran orang ramai dalam penggunaan flah ni..??? untuk sape2 yang nak banyak totourial, buka laman web nie : http://www.flashcartoons.org/learn.php

shafirah90@yahoo.com mengatakan...
on 

Flash akan lebih bagus bila dibuat animasi memang..., bagi teman - teman yang membutuhkan tutorial macromedia flash silahkan, semoga bermanfaat...

ToPu mengatakan...
on 

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar.
Tetapi Maaf, Komentar yang dianggap spam akan dihapus.

[Toggle View] Footer

My Follower


Created by Shy_Skatel