Skatel-1chezone.blogspot.com Belajar Batch Program (Pemula) | Cara Belajar
Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog yang Sederhana ini, Semoga Bermanfaat | No Bill, It's Free. No Gates, It's Open | Pake Software Bajakan Kok Bangga? | Mine is a world that begins with school... I'm smarter than most of the other kids, this crap they teach us bores me... Damn underachiever. They're all alike. we've been spoon-fed baby food at school when we hungered for steak... I'm in junior high or high school. I've listened to teachers explain for the fifteenth time how to reduce a fraction. I understand it. "No, Ms. Smith, I didn't show my work. I did it in my head..." Damn kid. Probably copied it. They're all alike. I made a discovery today. I found a computer. Wait a second, this is cool. It does what I want it to. If it makes a mistake, it's because I screwed it up. Not because it doesn't like me... Or feels threatened by me... Or thinks I'm a smart ass... Or doesn't like teaching and shouldn't be here... Damn kid. All he does is play games. They're all alike. We exist without skin color, without nationality, without religious bias... This is our world now... the world of the electron and the switch, the beauty of the baud. My crime is that of outsmarting you, something that you will never forgive me for.
[Toggle View] Index Post
[Toggle View] Main Content

Belajar Batch Program (Pemula)

Cara Belajar
Shy_SkateL
Akhirnya bisa posting juga.. cape banget sekolah, semuanya pada numpuk.. tapi karena melihat pagerank yang dah update dan memberikanku nilai 2 =) dan juga trafik yang naik 2 kali lipat dari biasanya (walaupun gak ada postingan baru) membuat saya semakin semangat untuk balik ngeblog and posting lagi, apalagi Alexa ranknya down dr 400ribu ke 800rb --" ternyata alexa rank lebih menilai Update sebuah blog, ya.. mungkin karena saya menulis di meta tagnya update setiap 1 hari (hueheuheuhueh).

Okeh, setelah belajar command prompt (CMD), nggak asyik rasanya kalo nggak mengenal yang namanya Batch atau DOS (Disk Operating system), batch program ditulis dengan menggunakan script/command seperti di cmd, eksekusinya pun harus menampilkan kotak dialog command line (CMD), script ini cukup mudah dan dapat menjangkau sebagian luas wilayah windows, sehingga sering kali virus-virus komputer dibuat dengan batch program =).


Program Batch memiliki ekstensi .bat atau .cmd dan penulisan scriptnya dapat dilakukan di notepad/wordpad/winword. Kurang lebih sama seperti command prompt, hanya saja di dalam script terdapat command-command lain yang di khususkan unuk program batch, pemanggilan perintah dengan cara mengeksekusi file, menulis dan merencanakan perintah di dalam notepad, jadi perintah akan berjalan otomatis setelah file di klik.
Contoh :


echo Program batch pertama kuw =)
echo Biar asik, aku mau jail ah...
echo biar lebih semangat bikin program-program batchnya =)
pause>nul
shutdown -s -t 60 -c "Comment Ku disini.. Kalau mau Membatalkan perintah shutdown, buka cmd dan ketik perintah [shutdown -a]"
echo Komputer anda akan Mati dalam 1 menit, ikuti petunjuk untuk membatalkan perintah shutdown =)
pause>nul
exit


Nah, itu adalah script sederhana untuk Program batch, untuk dapat menyimpannya sebagai program batch, anda dapat meng-copy-paste script diatas ke "notepad" dan save as>ganti jenis file menjadi "all files">dan berinama file berakhiran .cmd

[contoh: buka notepad>copy-paste>file>save as>ganti text document menjadi "all files">berinama "Batch.bat">save dan eksekusi (double klik file).]

Mari kita bahas arti dari script tersebut,
#bagian yang diawali dengan "echo" merupakan sebuah penampil pesan kepada user (orang yang mengeksekusi file)

#Perintah "pause>nul" untuk mempause program hingga user menekan salah satu tombol keyboard.

#Perintah "Shutdown" untuk mematikan Komputer (lebih jelasnya ada di postingan tentang cmd)

#exit untuk keluar dari program

Maka Output dari program batch di atas adalah



C:\Documents and Settings\Shy's Friend.EKSAMANX7\Desktop>echo Program batch pertama kuw =)
Program batch pertama kuw =)

C:\Documents and Settings\Shy's Friend.EKSAMANX7\Desktop>echo Biar asik, aku mau jail ah...
Biar asik, aku mau jail ah...

C:\Documents and Settings\Shy's Friend.EKSAMANX7\Desktop>echo biar lebih semangat bikin program-program batchnya =)
biar lebih semangat bikin program-program batchnya =)

C:\Documents and Settings\Shy's Friend.EKSAMANX7\Desktop>pause1>nul

C:\Documents and Settings\Shy's Friend.EKSAMANX7\Desktop>shutdown -s -t 60 -c "Comment Ku disini.. Kalau mau Membatalkan perintah shutdown, buka cmd dan ketik perintah [shutdown -a]"

C:\Documents and Settings\Shy's Friend.EKSAMANX7\Desktop>echo Komputer anda akan Mati dalam 1 menit, ikuti petunjuk untuk membatalkan perintah shutdown =)
Komputer anda akan Mati dalam 1 menit, ikuti petunjuk untuk membatalkan perintah shutdown =)

C:\Documents and Settings\Shy's Friend.EKSAMANX7\Desktop>pause1>nul

C:\Documents and Settings\Shy's Friend.EKSAMANX7\Desktop>exit

Dan akan muncul jendela baru yang menghitung mundur waktu shutdown (untuk mematikannya ketikkan perintah "shutdown -a" di "cmd" atau di "run")

Anda dapat melihat hasil eksekusi program yang tidak rapi karena adanya path-path yang seharusnya tidak ada karena tidak diperlukan, untuk menghilangkan hal-hal yang tidak penting tadi, kita dapat menggunakan perintah "@echo off" pada awal program agar selama program berjalan tidak ada hal-hal yang berantakan, agar lebih rapi lagi.. kita gunakan perintah "cls" (clear screen) agar tampilan menjadi bersih.

Berikut contoh program yang telah direvisi :)


@echo off
echo Program batch pertama kuw =)
echo Biar asik, aku mau jail ah...
echo biar lebih semangat bikin program-program batchnya =)
pause>nul

cls

shutdown -s -t 60 -c "Comment Ku disini.. Kalau mau Membatalkan perintah shutdown, buka cmd dan ketik perintah [shutdown -a]"
echo Komputer anda akan Mati dalam 1 menit, ikuti petunjuk untuk membatalkan perintah shutdown =)
pause>nul
exit


Nah, coba eksekusi dan lihat hasilnya =).. tentunya akan lebih indah pada program ke 2, karena lebih mudah dilihat :)

kalau males nyoba bikin programnya(--"), nih aku liatin hasil dari eksekusi program ke 2


Program batch pertama kuw =)
Biar asik, aku mau jail ah...
biar lebih semangat bikin program-program batchnya =)
[akan di pause]
[cls akan menghapus bagian atas komentar ini]
Komputer anda akan Mati dalam 1 menit, ikuti petunjuk untuk membatalkan perintah shutdown =)


Okay, saya cuman bisa sampe sini dulu jelasinnya :) soalnya saya sudah memiliki keseharian yang cukup sibuk, walaupun masih bersekolah di tingkat XI (11).. Baca artikel tentang batch di postingan saya selanjutnya...
Terimakasih telah berkunjung ke blog saya (Baca : Shy), dan mohon maaf kepada pembaca yang sudah mengerti, karena artikel ini di khususkan kepada para pemula jadi artikel ini hanya memberikan materi dasar tentang batch.. =)

Comments :

8 Komentar to “Belajar Batch Program (Pemula)”

bagus banget>>>> saya baru nyoba ternyata gagal!!
itu lho jangan pake -c pasti gagal...
lam kenal ya???
add yahoo saya avenged.aang@yahoo.com

Anonim mengatakan...
on 

ada yang lebih hebat lagi gk ???
itu hebat ...

HACKER CENDOL mengatakan...
on 

klo sy biasa pake sintax

'shutdwon.exe /r /t 03 /c "comment"'

r=restart
s=shutdown
t=time
c=comment

di run langsung juga jalan koq... tapi klo mo bikin program .bat nya ya.. tinggal include kan ja...

ndadoank mengatakan...
on 

?

Anonim mengatakan...
on 

mantep gan .
share link blog .

http://kertasilmu.blogspot.com

Moeghifar mengatakan...
on 

sip gan

thx gan buat ilmuny... mju trus

Anonim mengatakan...
on 

thanx gan,
smoga ilmunya trus brkmbang
:thumbup

Abenx mengatakan...
on 

Kalau mau internet gratis dengan bat bisa ga?

alfrin riyanda Putra mengatakan...
on 

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar.
Tetapi Maaf, Komentar yang dianggap spam akan dihapus.

[Toggle View] Footer

My Follower


Created by Shy_Skatel