Skatel-1chezone.blogspot.com Belajar Command Prompt ( File Hidden ) | Cara Belajar
Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog yang Sederhana ini, Semoga Bermanfaat | No Bill, It's Free. No Gates, It's Open | Pake Software Bajakan Kok Bangga? | Mine is a world that begins with school... I'm smarter than most of the other kids, this crap they teach us bores me... Damn underachiever. They're all alike. we've been spoon-fed baby food at school when we hungered for steak... I'm in junior high or high school. I've listened to teachers explain for the fifteenth time how to reduce a fraction. I understand it. "No, Ms. Smith, I didn't show my work. I did it in my head..." Damn kid. Probably copied it. They're all alike. I made a discovery today. I found a computer. Wait a second, this is cool. It does what I want it to. If it makes a mistake, it's because I screwed it up. Not because it doesn't like me... Or feels threatened by me... Or thinks I'm a smart ass... Or doesn't like teaching and shouldn't be here... Damn kid. All he does is play games. They're all alike. We exist without skin color, without nationality, without religious bias... This is our world now... the world of the electron and the switch, the beauty of the baud. My crime is that of outsmarting you, something that you will never forgive me for.
[Toggle View] Index Post
[Toggle View] Main Content

Belajar Command Prompt ( File Hidden )

Cara Belajar
Shy_SkateL

Banyak orang yang menggunakan komputer dan banyak diantaranya hanyalah seorang pengguna komputer yang newbie, newbie dalam artian tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang komputer, mereka umumnya hanya penikmat sebuah program, namun ketika sebuah program dibuat bukan untuk kenyamanan pengguna program ataupun menghilangkan kegunaan sebuah program dan ketika sang pengguna memiliki pengetahuan yang sempit, ini akan menjadi sebuah masalah yang sangat sulit bagi orang itu, karena dia tidak memiliki skill untuk menghindari program yang merugikan tersebut, namun bagi seorang advanced masalah itu hanyalah sebuah masalah kecil yang sangat mudah untuk mengatasinya, karena dia mengetahui pengetahuan yang luas.

Dalam hal ini adalah sebuah file yang di hidden di sebuah komputer, bagi seorang newbie, ketika sebuah data yang cukup penting tidak ada dalam penglihatannya, padahal dia tidak melakukan hal yang membuat file itu hilang, lalu dia menjadi gelisah, khawatir dan menganggapnya sebagai sebuah masalah besar, diapun menyadari bahwa dirinya memiliki ilmu yang kecil dan tak cukup dalam mengatasi masalah tersebut. Karena itu, dia ingin memiliki sebuah pengetahuan yang lebih agar masalah itu terselesaikan. Namun, di duni maya, banyak masalah yang terselesaikan bukan karena skill dari seorang user, melainkan terselesaikan karena sebuah program yang dibuat oleh seorang advanced, ini membuat seseorang yang masih newbie menjadi "malas" dalam mencari ilmu pengetahuan, padahal banyak kemungkinan program tersebut juga merupakan bad program yang berperan sebagai trojan.

Jadi marilah belajar untuk menjadi advanced ( seseorang yang pintar adalah seseorang yang mengetahui apa yang tidak diketahuinya ), advanced bukanlah seorang yang mengetahui semua hal, seorang advanced masih sangat perlu belajar! karena dia masih memiliki sesuatu yang tidak diketahuinya.

Hehehe.... jadi melenceng jauh dari judul :),

Okay, kali ini Shy Skatel akan memberikan cara untuk memunculkan file hidden, atau meng-hidden sebuah file ( menyembunyikan file ) dengan menggunakan command prompt ( CMD / DOS / Batch ). Sebenarnya hidden file ini sangat mudah, namun bila kita tidak mengetahuinya sama sekali, maka ini menjadi sangat sulit, maka dari itu kita belajar agar menjadi mudah :).

Untuk menjalankan Command prompt pada windows anda dapat menggunakan cara berikut :

Cara 1, Start > All program > Accessories > Command Prompt

Cara 2, Start > run > ketik "cmd" > OK ( enter )

Cara 3, Logo Windows+R > ketik "cmd" > OK ( Enter )

Prinsip dari menghidden file ini adalah merubah atribut dari sebuah file / folder agar file / folder tersebut di hidden oleh OS, semula kegunaan file hidden ini adalah agar user tidak merusak file system atau file-file penting. Kita tahu bahwa perintah untuk mengubah suatu atribut file / folder adalah dengan "attrib", namun yang ditanyakan adalah "apa atribut file / folder yang akan di hidden oleh system?" dan "Bagaimana cara mengetikkan perintah pada command prompt agar system merubah atribut file / folder?".

File / Folder yang akan disembunyikan ( hidden ) oleh system adalah file yang memiliki atribut hidden dan file system itu sendiri dimana penanda sebuah file adalah file system, adalah file yang memiliki atribut system, jadi kita dapat membuat file system dengan memrikannya atribut "system".

Cara mengetikkan perintah pada command prompt untuk merubah atribut file adalah "attrib" yang ditambah perintah jenis atribut yang akan diberikan lalu target file yang akan dirubah atributnya.Contoh :


attrib +r "file pentingku.doc"



perintah tersebut akan merubah file bernama "file pentingku.doc" menjadi ber-atribut read-only sehingga file tidak dapat di ubah dan sulit di delete, dimana perintah "+r" adalah perintah untuk menambahkan atribut read-only, lalu disertai lokasi file.

Cara Menghidden File ( Menyembunyikan File )

Untuk menyembunyikan file / folder, kita perlu merubah atribut file / folder tersebut menjadi hidden, perintah agar cmd mengubah atribut file / folder tersebut adalah

attrib +h "nama file.ekstensi"

Apakah sudah cukup jelas?, kalau belum saya akan memberikan cara yang lebih teliti lagi.
Berikut langkah - langkah merubah atribut file menjadi hidden :
1> Masuk ke CMD dengan cara
- Start > All program > Accessories > Command Prompt

- Start > run > ketik "cmd" > OK ( enter )

- Logo Windows+R > ketik "cmd" > OK ( Enter )

2> Masuk ke tempat file / folder tersebut berada
3> Ketikkan attrib +h "[namafile].[ekstensi]"
4> Periksa apakah file sudah terhidden

Catatan :
- Bila Anda tidak masuk pada tempat file / folder berada, anda dapat merubah atribut suatu file dengan menuliskan attrib +h "[lokasi][namafile.[ekstensi]", contoh : attrib +h "D:\Windows/system32/cmd.exe" ATAU attrib +h "Windows/system32/cmd.exe"

- [namafile] adalah nama file yang akan di ubah atributnya, [ekstensi] adalah huruf yang berada dibelakang "titik" ( biasanya tiga huruf ), contoh : gambarku.jpg

Meng-Super hidden-kan File / folder

Sama seperti cara sebelumnya, namun kali ini kita merubah atributnya menjadi system, karena atribut "system" lebih sulit dilihat dari cara sebelumnya.
Berikut langkah - langkah merubah atribut file menjadi system :
1> Masuk ke CMD dengan cara
- Start > All program > Accessories > Command Prompt

- Start > run > ketik "cmd" > OK ( enter )

- Logo Windows+R > ketik "cmd" > OK ( Enter )

2> Masuk ke tempat file / folder tersebut berada
3> Ketikkan attrib +s "[namafile].[ekstensi]"
4> Periksa apakah file sudah terhidden

Catatan :
- Bila Anda tidak masuk pada tempat file / folder berada, anda dapat merubah atribut suatu file dengan menuliskan attrib +s "[lokasi][namafile.[ekstensi]", contoh : attrib +h "D:\Windows/system32/cmd.exe" ATAU attrib +h "Windows/system32/cmd.exe"

- [namafile] adalah nama file yang akan di ubah atributnya, [ekstensi] adalah huruf yang berada dibelakang "titik" ( biasanya tiga huruf ), contoh : gambarku.jpg

Simpelkan?, kebanyakan orang mengira untuk menghidden file itu sulit, itu dikarenakan mereka belum mengetahuinya.Maka dari itu kejarlah ilmu dengan belajar!. =)

Cara Memunculkan File Yang dihidden

Untuk memunculkan file yang di hidden kita harus menghilangkan atribut hidden / system suatu file / folder tersebut, untuk menghilangkan atribut, kita hanya merubah "+" menjadi "-", contoh : attrib -h -s [namafile].[ekstensi]

Pada contoh diatas saya memberikan 2 perintah sekaligus ( -h -s ), yaitu membuang atribut hidden dan system dari sebuah file / folder.

Berikut cara menghilangkan atribut suatu file :
1> Masuk ke CMD dengan cara
- Start > All program > Accessories > Command Prompt

- Start > run > ketik "cmd" > OK ( enter )

- Logo Windows+R > ketik "cmd" > OK ( Enter )

2> Masuk ke tempat file / folder tersebut berada
3> Ketikkan attrib -s -h "[namafile].[ekstensi]"
4> Periksa apakah file sudah muncul.

Catatan :
- Bila Anda tidak masuk pada tempat file / folder berada, anda dapat menghilangkan atribut suatu file dengan menuliskan attrib -s -h "[lokasi][namafile.[ekstensi]", contoh : attrib -h -s "D:\Windows/system32/cmd.exe" ATAU attrib -h -s "Windows/system32/cmd.exe"

- [namafile] adalah nama file yang akan di ubah atributnya
- [ekstensi] adalah huruf yang berada dibelakang "titik" ( biasanya tiga huruf ), contoh : gambarku.jpg

Tentunya sangat mudah bagi pemula, namun bagi pembaca yang belum mengerti dapat menghubungi Admin dengan menggunakan fitur "Contact Us" pada navigation di atas blog ini.

Kepada para pembaca yang ingin mengambil artikel ini untuk dimasukkan ke dalam blog atau websitenya, harap mencantumkan link blog ini pada website / blog anda. Maka kami akan sangat menghargai anda, terima kasih.



Comments :

21 Komentar to “Belajar Command Prompt ( File Hidden )”

sip infonya sob

Beautiful Woman mengatakan...
on 

Usefull articel

High Paying Keyword mengatakan...
on 

You have a great post, wait for your next post

Real Estate mengatakan...
on 

KK,gimn Cara Hilangin Kata Blogspot pada blog???

AfDaL mengatakan...
on 

tq tq tq banged..

Anonim mengatakan...
on 

gillee makasih bgt nih tdi bagian legal gw error flasdisknya,eh bisa dgn cara juragan

jaket kulit mengatakan...
on 

@ALL
Terima Kasih telah memberikan komentar :D

Semoga Ilmunya bermanfaat, kalau ada yang ditanyakan, bisa menggunakan fitur "Contact Us" =)

Cara Belajar mengatakan...
on 

Boss...gemane kena virus kan banyak file.
Masa kita harus attrib satu-satu tuh file.?
Ada cara laen ga bos..??

K30 mengatakan...
on 

Mungkin ap yang di tanyakan oleh K3O, akan saya buat artikel untuk itu..
karena saya juga sempat berpikir untuk mengajarkannya...
karena saya jg tau gimana repotnya kalo ngeattrib atu" ...
huehehhehehe....

ntar secepetnya deh saya bikin artikelnya...
makanya di Bookmark aja blog saya :P, karena saya sekarang sulit untuk posting artikel, jadi saya hanya memposting artikel" yg cukup penting saja... :)
thx yo buat yg udah mampir ke blog :D

Shy_SkaTeL mengatakan...
on 

bermanfaat bgt gan......

rifai mengatakan...
on 

PATEN BOS.....!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...
on 

mantab bosss infonya thanks ya,,,,

Anonim mengatakan...
on 

klo mo running script gitu gmn ya..
misall disimpan di notepad.. pake perintah apa ya

erdonny.com mengatakan...
on 

biasa nya kl di cmd itu ngk mw spasi.,(mksd nya kl nama file kita cth ny aku punya/aku spasi punya) ntu gmn kl ngetik nya di cmd?

Anonim mengatakan...
on 

Kalau gak bisa pake spasi, tambahin '"' di depan dan belakang. Contoh:
"C:\Program Files\lol.docx"
Oh iya, kalau bisa komentar, ekstensi bisa lebih dari 3, bahkan sekarang sudah banyak yang 4 di dokumen Office 2007/2010.
docx, xlsx, pptx.
bahkan bisa sampai.. berapa ya.. ga tau deh. coba aja sendiri di rename :)

Anonim mengatakan...
on 

masih blum ngerti gw sob tolong kirimin y tutorial nya ke @-mail gw
shadow_raven45@yahoo.com
mks,,,

Anonim mengatakan...
on 

hebat!!!hebat!!!!!!!hebat!!!!!!!

poetra mengatakan...
on 

sya gak ngerti sama sekali cuman yg twh buka cmd...abis tuh,tekan dir...yg lain nya ga tw,,,bingung???

frizky mengatakan...
on 

MANTAB,,,, nice INFO nya omm,,,,
IZIN nyimak....

Adhe Aray mengatakan...
on 

ko kira baguskah ko kasi warna warni tulisan blogmu???kasih pusing - pusing saja pembaca

crazydoom mengatakan...
on 

@K30 misal ada 100 virus tersembunyi di folder x, untuk memunculkan semuanya ketik ini dulu di cmd:

cd /d C:\[lokasi folder]\x
attrib -s -r -h

Anonim mengatakan...
on 

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar.
Tetapi Maaf, Komentar yang dianggap spam akan dihapus.

[Toggle View] Footer

My Follower


Created by Shy_Skatel